SHOLAWAT BAHRUL ANWAR (SHSOLAWAT BAHRIYAH)

SHOLAWAT BAHRUL ANWAR

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad adalah kewajiban bagi setiap ummat islam, karena bacaan sholawat adalah hak-nya Nabi Muhammad ﷺ yang tidak bisa direnggut oleh siapapun, bahkan Allah sendiri bershalawat (memberikan ramat dan keselamatan) kepada nabi Muhammad dan diikuti oleh para malaikat pun membaca shoalwat (memintakan rahmat dan keselamatan) kepada nabi Muhammad .

Dalam untaian bacaan shoalwat bahriyah ini, Kanjeng Nabi Muhammad diibaratkan sebagai samudera cahayanya Allah , gudangnya rahasia-rahasia ilmu pengetahuan ke-Ilahiyah-an. Dan seterusnya seperti terjemah dibawah ini.

Manfaat mengamalkan Sholawat bahriyah, antara lain : (1) akan dimudahkan segala urusannya, baik urusan dunia maupun akhirat, (2) akan diselamatkan dari berbagai macam bencana dan balak yan turun dari langit, atau yang muncul dari bumi. (3) akan dikabulkan semua hajat dan kebutuhannya, (4) akan diampuni dosa-dosanya, (5) akan di rahmati kehidupannya, (6) akan diberkati semua jerih payahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari membaca shoalwat kepada nabi Muhammad ,


Di masa sekarang ini tiada lagi harapan yang dapat kita nantikan dan kita harapkan, hanyalah bacaan shoalwat saja yang mampu menyelamatkan kita di dunia maupun di akhirat. Inilah satu-satunya modal kita untuk berjumpa dengan kanjeng Nabi Muhammad dan mendapatkan Ridlo sertga Cinta-Nya Allah .  

Di kala waktu senggang atau dalam kesempitan, bacalah sholawat ini berkali-kali, Insya Allah, bacaan sholawat bahriyah ini akan menjadi teman dan tameng (juru penolong) dan senjata bagin kita dalam menghadapi segala cobaan.
   
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ بَحْرِ أَنْوَارِكَ, وَمَعْدَنِ أَسْرَارِكَ. وَلِسَانِ حُجَّتِكَ, وَعَرُوْسِ مَمْلَـكَـتِكَ. وَإِمَامِ حَضْرَاتِكَ, وَطِرَازِ مُلْـكِـكَ, وَخَزَائِنِ رَحْمَتِكَ, وَطَرِيْقِ شَرِيْعَتِكَ, الْـمُتَلَذِّذِ بِتَوْحِيْدِكَ, إِنْسَانِ عَيْنِ الْوُجُوْدِ, وَالسَّبَبِ فِى كُلِّ مَوْجُوْدٍ, عَيْنِ أَعْيَانِ خَلْقِكَ, الْـمُتَقَدَّمِ مِنْ نُوْرِ ضِيَآئِكَ, صَلَاةً تَدُوْمُ بِدَوَامِكَ, وَتَبْقٰى بِبَقَآئِكَ, لَا مُنْتَهٰى لَهَا دُوْنَ عِلْمِكَ, صَلَاةً تُرْضِيْكَ وَتُرْضِيْهِ, وَتَرْضٰى بِهَا عَنَّا يَا رَبَّ الْعَالَـمِيْنَ.

BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
ALLOHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN BAHRI ANWAARIKA, WA-MA’DANI ASROORIKA, WA-LISAANI HUJJATIKA, WA-‘ARUSI MAMLAKATIKA, WA-IMAAMI HADLROOTIKA, WA-THIROOZI MULKIKA, WA-KHOZAAINI ROHMATIKA, WA-THORIIQI SYARII’ATIKA, AL-MUTALADZI-DZI BI TAUHIIDIKA, INSAANI ‘AINIL WUJUUDI, WAS-SABABI FII KULLI MAWJUUDIN, ‘AINI A’YAANI KHOLQIKA, AL-MUTAQODDAMI MIN NUURI DHIYAA-IKA, SHOLATAN TADUUMU BIDAWAAMIKA, WA-TABQO BI-BAQOO-IKA, LAA MUNTAHAA LAHAA DUUNA ‘ILMIKA, SHOLAATAN TURDHIIKA WA-TURDHII-HI WA-TARDHO BIHAA ‘ANNA YAA ROBBAL ‘AALAMIIN.

Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang menjadi samuderanya Cahaya-Mu, yang menjadi medannya rahasia-rahasia-Mu, yang menajdi lisannya Hujjah-Mu (penyambung lidah), yang menjadi pengantinnya Kerajaan-Mu, yang menjadi pemimpinnya di hadlirat-Mu, yang menjadi perhiasannya Singgasana-Mu, yang menjadi gudangnya kasih-Sayang-Mu, yang menjadi jalannya syari’at-Mu, yang merasakan nikmatnya bertauhid pada-Mu, yang menjadi insan dengan ‘ainul wujud (pandangan yang nyata), yang menjadi penyebabnya semua perwujudan, matanya semua mata setiap makhluk-Mu, yang menjadi cahaya terang-Mu terdahulu. Dengan bacaan sholawat yang sesungguhnya, sholawat yang abadi yang telah Engkau abadikan, dan bacaan sholawat yang kekal dengan sifat kekal-Mu. Sholawat yang tidak ada habisnya. Dengan bacaan sholawat dimana Engkau telah Meridloinya dan ridlo darinya juga dengan ridlonya maka ridloiah kami dengan bacaan sholawat tersebut, duhai Tuhan sekalian alam.


Subscribe to receive free email updates: